Thursday, September 15, 2016

Pesona Ekor Ikan Hias Cupang yang Anggun Banget

Ikan Betta atau yang memiliki nama lain ikan cupang ini adalah ikan akuarium yang bisa dibilang memiliki ketenaran dibandingkan dengan jenis ikan hias yang lain di seluruh dunia. Ekornya yang anggun cerah mempesona membuat jenis ikan hias ini banyak diminati oleh kalangan penggemar ikan hias. Selain itu, sifatnya yang agresif membuat ikan ini sering dijadikan ikan aduan. Oleh karenanya ikan cupang ini lebih memilih untuk berenang sendirian dan memilih tempat yang nyaman untuk bersembunyi seperti sudut hiasan di dalam akuarium. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mememilhara ikan cupang, yaitu masalah kesehatannya. Pelajarilah faktor yang perlu dijaga misalnya kebersihan, ukuran dan kondisi ari di dalam akuarium.


Sebagai solusi untuk mengatasi ikan cupang yang senang "berantem", Anda bisa memilih jenis akuarium seperti yang ada pada gambar dibawah ini. Akuarium ini memiliki 3 ruang yang masing-masing dibatasi dengan lapisan buram pada sisi-sisinya sehingga mencegah ikan cupang melihat satu sama lainnya. Indah, bukan?.



Kita akan memberikan sedikit wawasan dari karakteristik ikan cupang. Ikan yang memiliki nama latin Betta Sp. ini  Betta akan hidup di lingkungan soliter karena sifat agresif ketika berhadapan dengan ikan lainnya. Ikan cupang akan menyerang dan umumnya membunuh ikan jantan lainnya yang memiliki pesona yang lebih fantastis dibandingkan mereka. Serangan ini umumnya dimulai dengan mengembangkan siripnya dalam upaya untuk membuat dirinya tampak lebih besar.


Fakta Menarik Mengenai Ikan Cupang

  • Ikan cupang lebih menyukai hidup di dalam air sedikit asam, yaitu dengan pH 6,5 sampai 7 serta di dalam kondisi air yang hangat. Air dingin dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan penyakit pada ikan cupang.
  • Ikan cupang memiliki beberapa bentuk ekor yang bermacam-macam- yang paling umum adalah veil tail, half-moon, double tail, dan crown tail.
  • Ikan cupang biasanya mampu hidup 2 - 3 tahun





Pesona Ekor Ikan Hias Cupang yang Anggun Banget Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lubis Muzaki

0 comments:

Post a Comment