Saturday, September 17, 2016

Beragam Corak Ikan Guppy yang Menarik Hati

Salah satu ikan hias yang menarik hati untuk memeliharanya adalah ikan Guppy. Jika dilihat sekilas ikan guppy ini dari ukurannya yang kecil sampai dengan coraknya mirip dengan ikan cupang. Ikan Guppy atau gupi ini memiliki nama latin Poecilia reticulata. Ikan guppy termasuk spesies ikan hias air tawar dan yang biasa dijadikan sebagai ikan hias adalah ikan guppy jantan karena memiliki beragam corak pada sirip dan ekornya. Karena ukurannya yang kecil, Ikan guppy hemat tempat dan pakan. Ikan ini sebenarnya adalah ikan liar, akan tetapi karena dasar bentuknya yang indah ikan ini banyak dibudidayakan sehingga menghasilkan ikan guppy yang lebih berwarna-warni. Ikan Guppy sangat mudah dikembangbiakkan dan sangat cepat proses reproduksinya sehingga menjadi ikan liar yang banyak hidup di parit-parit.

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa jenis ikan guppy ini sangat beragam sekali. Jenis ikan guppy bisa dibedakan berdasarkan dari warna yang indah dan asal dari ikan tersebut.

Berikut ini Jenis-jenis Ikan Guppy yang Bisa Menghiasi Aquarium Anda

Ikan Guppy Cobra

Guppy ini termasuk jenis guppy yang umum dan banyak ditemui. Dinamakan Guppy Cobra karena pada seluruh tubuhnya (ekor sampai badan) terdapat corak seperti sisik ular cobra. Jenis guppy metalik ini merujuk pada warna biru atau abu-abu gelap metalik pada ikan guppy.

Ikan Guppy Japan Blue

Ikan guppy jenis japan blue adalah ikan guppy berwarna biru langit cerah. Warna ini bisa mempunyai gradasi dari ungu ke turquoise. Ikan ini sebenarnya guppy liar yang terdapat di Jepang.

Ikan Guppy Blue Moscow

Jenis blue moscow adalah ikan guppy yang berasal dari moscow rusia. Warna biru guppy ini cenderung cerah dan menyala (mewah). Tetapi ada beberapa jenis varian dari guppy blue moscow ini, ada yang albino dan ada yang biru muda.

Ikan Guppy Snakeskin

Dinamakan Guppy snakeskin karena ikan guppy yang satu ini memiliki corak seperti sisik ular. Berbeda dengan guppy jenis cobra, jenis guppy snakeskin mempunyai corak hanya pada bagian tubuhnya saja, sedangkan pada ekornya berbeda coraknya (tidak menyabung).

Ikan Guppy Mosaic

Ikan guppy ini mempunyai corak mosaic di ekornya. Corak ini cenderung teratur bergaris di ekornya. Warna pangkal ekor guppy ini biasanya berwarna biru. Warna biru pada ekor guppy ini di hiasi dengan bintik-bintik hitam kecil. Jika dilihat seksama maka terlihat seperti rumput (grass).

Demikianlah jenis-jenis ikan guppy yang beragam coraknya dan barang kali Anda tertarik untuk menentukan mana saja yang cocok untuk menghiasi aquarium di rumah Anda.

Beragam Corak Ikan Guppy yang Menarik Hati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lubis Muzaki

0 comments:

Post a Comment