Thursday, September 15, 2016

Jenis-jenis Ikan Koi Unggulan yang Harus Anda Punyai

Ikan Koi yang identik dengan corak warna dan motifnya termasuk dalam jenis ikan Karper Cyprinus carpio L. Ikan koi ini merupakan ikan yang banyak digemari oleh para penghobi ikan hias karena sangat lucu dan indah untuk dipandang. Corak warna dan motif yang dimiliki ikan koi hampir mirip dengan ikan mas, namun lebih memiliki ukuran yang lebih besar, mencolok dan beranekaragam. Tak heran jika ikan koi juga dibedakan berdasarkan pola dan corak, motif, dan bentuk tubuh ikan yang dimilikinya. Berikut ini beberapa jenis ikan koi unggulan yang wajib Anda punyai.

Baca Juga : Ikan Koi yang Diburu karena Membawa Hoki

Ikan koi kohaku


Ikan koi kohaku adalah jenis ikan koi tertua jika dibandingkan dengan ikan koi lainnya. Jenis ikan koi ini memiliki corak berwarna merah diatasnya yang biasa dikenal dengan nama Hi dan warna putih salju sebagai dasarnya. Ada beberapa jenis yang termasuk dalam spesies kohaku, antara lain : Tancho Kohaku, Maruten Kohaku dan Gin RIn Kohaku.


Ikan Koi Tancho

Tancho adalah jenis ikan koi yang tergolong dalam spesies kohaku yang unik. Karena warna merah yang identik dengan koi kohaku hanya muncul pada bagian kepalanya, yaitu ada titik merah / mirip gambar bendera Jepang yang tidak ditemui pada jenis koi lainnya. Ikan ini sangat popular pada kelompok spesies tersebut. Ada banyak cerita legenda yang membuat koi tancho begitu dihormati oleh masyarakat Jepang.

Ikan Koi Hikari


Ikan koi hikari adalah jenis ikan Koi silver yang berwarna tunggal, koi ini jarang ditemukan dan bisa dibilang sangat langka.

Ikan Koi Doitsu Showa 

Ikan koi doitsu showa adalah jenis ikan koi yang memiliki corak warna merah dan putih dengan warna dasar hitam. berdasarkan fisiknya koi ini mempunyai sisik hanya dibagian punggung sisinya.

Ikan Koi Showa Sanshoku

Showa Sanshoku atau yang lebih terkenal dengan panggilan showa sebenarnya agak mirip dengan sanke. Perbedaan utama antara kedua jenis koi ini terdapat pada pola hitam yang ada pada ikan ini. Pola hitam pada showa menyebar di seluruh tubuh sedangkan sanke hanya pada bagian atas saja. Pola hitam pada showa juga terdapat pada bagian kepalanya, sedangkan tidak untuk sanke.

Ikan Koi Shiro utsuri

Ikan Koi Shiro utsuri memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan ikan koi lainnya. Koi ini mempunyai warna dasar hitam dengan corak warna putih. Jenis ikan koi terbaik pada spesies shiro utsuri memiliki ciri khas perpaduan warna hitam dan putih di bagian kepala.

Sampai disini dulu sharing kita kali ini, semoga anda sudah bisa membedakan antara koi satu dengan koi lainnya. Jangan sampai salah dalam memilih jenis koi yang akan Anda beli nantinya.

Jenis-jenis Ikan Koi Unggulan yang Harus Anda Punyai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lubis Muzaki

0 comments:

Post a Comment